Saturday 15 December 2012

REKRUITMEN


1. DEFINISI REKRUITMEN
Recruitmen adalah proses menarik orang - orang atau pelamar yang mempunyai minat dan kualifikasi yang tepat untuk mengisi posisi atau jabatan tertentu,proses mencari dan mendorong calon pekerja untuk melamar pekerjaan dalam organisasi,prosesyang dilakukan oleh suatu organisai untuk mendapatkan tambahan pekerjaan.
2. ALASAN-ALASAN DASAR REKRUTMEN
Rekrutmen di laksanakandalamsuatuorganisasikarenakemungkinanadanyalowongan (vacancy) yang beranekaragamanalasan, antara lain:
• Berdirinyaorganisasibaru
• Adanyaperluasankegiatanorganisasi
• Terciptanyapekerja-pekerjadankegiatan-kegiatanbaru
• Adanyapekerja yang pindahkeorganisasi lain
• Adanyapekerjaberhenti, baikdenganhormatmaupuntidakhormat
• adanyapekerja yang berhentikarenamemasuki pension
• adanyapekerja yang meniggaldunia
Selain melakukan recruitmen ada beberapa pilihan yang bisa diambil untuk posisi yang belumterisi, alternatif-alternatif itu adalah:
1.      Lembur
2.      Pekerjaan sementara ( temporer )
3.      Subkontrak pekerjaan
4.      Menyewa pekerjaan
5.      Proses recruitmen

Sebelum memutuskan untuk melakukan  recruitmen organisasi perlu mempertimbangkan sejumlah alternatif seperti disebutkan diatas misalnya meminta pekerjaan yang ada untuk bekerja lebih lama dari waktu kerja normal ( lembur )
Bila suatu organisasi atau perusahaan akhirnya memutuskan untuk melakukan recruitmen tersedia dua pilihan sumber recruitmen yakni dalam organisasi itu sendiri atau dari luar organisasi Lingkungan internal dan eksternal.
Proses rekruitmen dipengaruhi juga oleh sejumlah faktor eksternal.Salah satu faktor yang terpenting adalah penawaran dan permintaan terhadap keterampilan tertentu dalam pasar tenaga kerja maka upaya recruitmen menjadi sangat sukar. Pertimbangan-pertimbangan hukum atau peraturan di  bidang ketenagakerjaan juga memainkan peran penting dalam proses recruitmen.
Faktor yang mempengaruhi recruitmen adalah citra perusahaan.jika para pekerja percaya bahwa pengusaha memperlakukan mereka secara “adil” ,dukungan yang mereka berikan lewat informasi dari mulut ke mulut akan sangat berarti bagi perusahaan. Citra yang terbentuk lewat proses seperti ini akan membantu menciptakan kredibilitas perusahaan dimata calon pekerja atau calon pelamar dalam jumlah lebih banyak dan kualifikasi yang lebih baik.
Selain faktor-faktor eksternal proses rekruitmen juga dipengaruhi oleh praktek praktek dan kebijakan organisasi itu sendiri faktor internal yang akan dapat berperan besar dalam membantu proses rekruitmen adalah proses perncanaan sumber daya manusia.
Kebijakan promosi perusahaan dapat juga memberikan  dampak yang berarti terhadap rekruitmen. Pada dasasrnya suatu organisasi  dapat memberi penekanan pada kebijakan promosi dari dalam (promotion from within) atau kebijakan untuk mengisi posisi yang lowong dengan calon dari luar organisasi.

No comments:

Post a Comment